Sabtu, 29 November 2008

Teman adalah Aset yang Tak Ternilai

DIJAMIN! Siapapun bisa sukses asal fokus dan kerja keras.
Tapi, apa hanya itu yang anda perlukan agar sukses di bisnis internet?
Jawabannya, tidak! Karena, untuk mengembangkan bisnis di bidang ini, anda perlu teman. (dalam bisnis offline anda juga perlu teman, perlu relasi, dan perlu koneksi).
Lebih jelasnya, saya akan cerita sedikit. Saya ingat, beberapa waktu lalu teman saya membuka warung makan di sekitar kampus. Warungnya tidak terlalu besar dan target marketnya jelas mahasiswa.
Karena di sekitar kampus sudah banyak warung berdiri, sudah pasti persaingan berlangsung ketat. Teman saya itu sudah menciptakan strategi pemasaran yang bagus, misal, menu-menunya berbeda dari warung yang lain.
Tapi, tidak banyak mahasiswa yang mampir. Anda tahu sendiri, yang namanya mahasiswa itu perhitungan. Lebih baik memilih di warung langganan yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba eh malah kecewa. Lagi pula, umumnya orang pasti berpikir ”warung yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal?”
Lalu, teman saya itu memanfaatkan semua teman dan relasi yang ia punya. Ia pun woro-woro pada kami kalau ia membuka warung baru. Hasilnya, setiap kami melewati warungnya pasti kami mampir dan coba icip-icip. Nah, dari situ warung teman saya punya daya tarik. Mahasiswa di sana ikut-ikutan penasaran. ”kenapa ya kok warung itu ramai?” Hasilnya kini warung teman saya itu menjadi salah satu yang paling laris.
Dalam bisnis internet pun begitu. Sekedar contoh kita sebut saja Truemors dan Pownce. Pada awal launching, kedua situs web langsung mendapat pengunjung yang lumayan. Padahal iklannya pun tidak begitu gencar.
Mengapa bisa begitu?
Usut punya usut, ternyata si empunya situs web ini adalah Guy Kawasaki dan Kevin Rose. Mereka berdua ini dikenal punya banyak relasi dan teman. Begitu situs di-launching, mereka tinggal promosi saja ke teman-temannya. Dari sana, pengunjung internet lain juga ikut-ikutan tertarik.
Nah lalu bagaimana cara memanfaatkan teman-teman anda untuk menghasilkan uang? Atau pertanyaan lainnya bagaimana membuat teman-teman kita “lengket” dengan kita seperti yang dilakukan Kawasaki dan Rose?
Sabar…sabar…
Sebelum saya jawab, saya mau sharing dulu. Menurut buku-buku yang saya baca selama ini, pada prinsipnya, kawan dalam bisnis internet itu portable alias bisa dibawa kemana saja (Kayak flashdisk hehe ). Maksudnya, kalau teman atau relasi itu sudah percaya kita,
maka dia mau berbuat apa saja. Maka, jaga kepercayaan dari kawan atau teman dengan sebaik-baiknya.
Ya di acara RT-RW atau arisan kalau dalam dunia nyata. Kalau di internet ya di komunitas online. Mereka (relasi atau teman anda) adalah pembuka jalan kesuksesan anda. Sebab mereka bukan sekedar teman bagi anda, tapi juga bisa jadi konsumen dan agen iklan. Bukan hanya saat ini, tapi juga seterusnya.
So, luaskan jaringan anda setiap hari. Jika sekarang anda punya 10 ribu kontak dalam daftar alamat anda, luaskan terus sampai seluruh warga RT di seluruh dunia bisa anda kenal.
Biar kenal, ikut mailing list (milis) adalah cara paling gampang. Bergabung dalam milis setidaknya anda akan mendapat kenalan-kenalan yang lumayan banyak. Nah, kalau sudah dapat banyak teman, renungkan apa yang akan anda lakukan dengan orang-orang itu?
Seperti tadi saya katakan, anda bisa jual produk anda pada mereka. Jadikan mereka konsumen anda!
Dan jangan lupa terus memelihara hubungan baik dengan mereka. Karena itu penting memberi ”penghargaan” pada mereka. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri. Berikan hadiah-hadiah kecil. Misal e-book atau artikel-artikel menarik.
Kata orang bijak, jika anda baik pada teman, teman juga akan baik pada anda. Begitupun sebaliknya.
Anda setuju dengan saya?
Saya tunggu komentarnya…

Sukses Berawal dari Keseriusan

Kesempatan berbisnis internet selalu terbuka lebar. Siapapun bisa mencoba, siapapun bisa sukses. “Bisnis inipun tidak sesulit yang anda bayangkan,” begitu kata para pakar. Tapi, sayangnya kemudahan itu yang kemudian diremehkan oleh banyak orang. Para newbie sering salah kira tentang bisnis ini. Akibatnya, mereka yang tidak akrab dengan seluk beluk internet gagal mendapat uang dari internet.
Ya, karena itu tadi. Sikap meremehkan! Menjalankan bisinis jadi tidak serius dan meangalokasikan waktu hanya setengah-setengah. Padahal kesempatan membangun bisnis rumahan ada di depan mata. Sayangnya, jarang ada yang berkomitmen penuh untuk terus berlatih dan berlatih. Dan anda harus tahu bahwa langkah inilah yang paling penting dilakukan pemain baru.
Semua pebisnis harus tahu hal yang berkaitan dengan tren bisnis internet. Kita harus belajar. Atau, ya… paling tidak tahu sedikit lah. Misalnya, kita harus tahu cara menggali ide bisnis, cara memulainya, cara memaksimalkan situs web, cara melakukan riset pasar, dan cara membuat sales letter juga wajib kita ketahui.
Selain itu, anda harus punya fondasi yang kokoh. Tidak cuma pengetahuan dasar saja yang harus terus dipoles. Tapi, semangat untuk terus berlatih dan belajar juga perlu terus dihidupkan. Anda harus serius dengan apa yang anda hadapi sekarang.
Kelemahan seorang newbie biasanya ada pada semangat dan komitmen. Saat pertama kali terjun memang semangatnya luar biasa. Terlihat sangat menggebu-gebu dan bersungguh-sungguh. Tapi kemudian, jika ia tidak lekas mendapat hasil dari situs web atau blognya, lambat laun semangatnya mulai kendor dan perlahan angkat tangan. Lalu berkata,”Ah saya tidak berbakat di bisnis ini.”
Kalau tidak begitu, kemungkinan lain yang biasa terjadi begini… belum berhasil dengan satu model bisnis sudah beralih ke model bisnis yang lain. Fatal! Ilmunya jadi tidak matang, hasilnya pun pasti tidak maksimal.
Bisnis internet sama sekali tak ada kaitannya dengan bakat, apalagi keturunan. Saat kecil, saya yakin tak ada orangtua para pebisnis internet sukses mengatakan kalau anaknya nanti bakal jadi pebisnis internet jempolan. Orangtua saya pun dulu hanya berharap seperti para orangtua lainnya. Asal saya hidup tidak luntang-lantung saja sudah untung. Syukur-syukur bisa mendapat pekerjaan dengan gaji bulanan. Supaya paling tidak bisa mencukupi kebutuhan dasar hidup.
Tapi saya enggan berpikir hanya seperti yang orangtua harapkan. Sebab, saya yakin ada peluang besar untuk sukses lewat bisnis internet yang sudah dibuktikan banyak orang. Pikir saya, kalau saya bisa meraih kesuksesan besar mengapa saya harus memilih kesuksesan kecil?
Memang di awal-awal, apalagi dengan segala keterbatasan yang melingkupi diri saya, semuanya terasa berat. Pengetahuan internet yang saya miliki masih secuil, membuat email pun bahkan saya tak bisa. Kemampuan bahasa inggris saya pun pas-pasan. Membuat saya harus rajin membolak-balik kamus untuk memahami artikel di internet. Akses internet pun sangat terbatas. Sampai saya menyiasatinya dengan menjadi pelanggan di sebuah warnet.
Apa yang membuat saya kuat bertahan menjalani semua itu? Satu hal yang selalu menguatkan diri saya. Saya yakin bisa sukses di bisnis ini, seperti banyak orang lainnya di seluruh dunia. Dan keyakinan ini membuat saya rela menjalani, seberat apapun usaha yang harus ditempuh.
Semua orang bisa sukses di bisnis internet. Asal anda yakin, pantang menyerah, dan terus belajar. Para pebisnis internet yang sudah sukses pun masih terus belajar. Tidak pernah berhenti belajar. Selalu saja ada hal baru yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Dan, secara bertahap mereka mampu mengejar perkembangan teknologi. Jika ada ide-ide baru dan segar dalam segala bentuk program maupun pelatihan internet marketing, mereka pun harus siap menaklukkannya.
So, jika memang anda serius ingin terjun dalam bisnis internet, anda harus total masuk ke dalamnya. Saya sudah katakan berulang-ulang. Anda harus memperlakukan bisnis internet ini sama seriusnya dengan pekerjaan anda sebelumnya. Dan satu hal lagi, jangan takut gagal di bisnis ini.
Tapi anda juga jangan terjebak. Mimpi yang anda bangun di bisnis ini pun harus realistis. Asal anda tahu saja, di luar sana banyak orang yang menganggap internet itu sama seperti dewa yang bisa mengabulkan permintaan semua orang. Saya memang menjanjikan bahwa internet bisa membuat anda kaya, tapi semua itu terpulang kembali pada diri anda. Apa yang anda inginkan bergantung pada besarnya perjuangan nyata anda.
Mungkin anda merasa sudah melakukan apa yang seharusnya seorang pebisnis internet lakukan. Segalanya telah anda coba. Tapi, mungkin anda merasa masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan.
Di situlah biasanya masalahnya? Nah, di sini anda perlu koreksi. Tapi, anda tak perlu bingung. Anda berbisnis di dunia internet. So, semua kesulitan yang anda hadapi bisa anda temukan solusinya di internet juga.
Keinginan untuk sukses pasti dimiliki setiap orang. Bisnis internet ada untuk menjanjikan kesuksesan untuk anda. Dan ini bukan sekadar khayalan atau impian. Selama anda memegang komitmen anda dan terus berusaha. Mari berlatih berbisnis dan belajar setahap demi setahap. Dan, jangan pernah membuang apa yang pernah anda pelajari di sini. Karena semua yang anda ketahui akan jadi bekal untuk membangun kerajaan bisnis anda. Begitulah cara saya bertahan sampai sejauh ini.
Saya pernah ada di posisi anda sekarang karena saya juga pernah jadi newbie. Jadi saya tahu apa yang harus anda perbuat selanjutnya. Berikan kesempatan pada diri anda untuk mencicipi sukses. Artinya, yakinlah kesuksesan akan datang pada anda. Lalu, mulailah memprogram diri anda untuk belajar bisnis. Pilihlah program pelatihan bisnis internet yang bisa menuntun anda menjalankan bisnis secara lebih mendalam. Lakukan semuanya dengan benar dan terapkan strategi yang anda dapatkan untuk kemajuan bisnis anda sendiri. Mari bangun dari mimpi anda dan bangkit berjuang!
STOP DREAMING, START ACTION!

Sukses atau Gagal ada di Tangan anda

Saat mulai kenal bisnis internet, bagaimana perasaan anda? Mungkin ragu-ragu, pesimis, atau bahkan tidak percaya bisa kaya dari internet.
Ya… kadang memang begitulah kenyatannnya. Sering kita sendiri yang membuat “tembok penghalang” kesuksesan bagi diri kita. Kita terlalu pesimis memandang hidup. Seolah nasib yang tengah dialami tidak bisa diubah.
Begitupun mungkin dalam affiliate program. Para pemula yang berminat dengan affiliate program mungkin mengira bisnis ini sangat sulit dijalankan. Pertama kali kenal kita pasti tidak mudeng semua istilah yang ada di model bisnis ini. Pemahaman kita nol! Apalagi kalau kita malas belajar. Maka perasaan kita yang awalnya pesimis terhadap affiliate program akan makin terbukti.
Padahal, pasti jalan keluarnya adalah banyak belajar. Caranya bisa membaca, sering browsing, atau berdiskusi tentang affiliate program. Mau tidak mau kita harus berani bersusah payah demi menaklukkan ketidak-tahuan kita. Tidak ada ilmu yang datang sendiri tanpa dicari. Betul?
Kita sering lupa dengan lirik lagunya Bang Rhoma Irama, “berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.” Nah, itulah kenapa saya sering mengatakan kalau niat dan semangat adalah modal pertama dan utama. Tanpa niat dan semangat, kita tidak akan rela berakit-rakit dan berenang-renang?
Ok… selain sifat manusia yang kadang malas belajar, malas kerja keras, dan suka yang intan-instan, ada penyebab lain kenapa kita gagal di affiliate program. Apa saja itu? Anda penasaran?
1. Cepat menyerah. Banyak sumber mengatakan berdasar fakta yang ada selama ini, dari sepuluh orang yang berbisnis internet, sembilan diantaranya mengalami kegagalan. Apa penyebabnya? Alasan utamanya karena kita terlalu cepat menyerah. Kita tidak bisa menjaga semangat secara teratur. Kita jadi terlalu bersemangat di awal dan cepat lelah setelahnya.
2. Cepat bosan. Kita cepat bosan mengerjakan hal-hal yang detil. Misalnya, kita bosan melakukan riset. Atau, bosan menjaga trafic situs web affiliate yang kita punya.
3. Ingin sukses tanpa berusaha. Nah, ini salah satu kelemahan kita yang paling menyusahkan. Belum apa-apa menjalankan affiliate program kita sudah tidak tahan ingin mendapat banyak komisi.
4. Mogok di tengah jalan. Kita gampang berhenti sebelum target kita tercapai. Misal, saat belajar pembuatan situs web, entah belajar HTML, upload file dan gambar, atau membuat sales letter, belum selesai belajarnya sudah berhenti.
5. Miliki pengetahuan dasar. Kita bisa saja meminta bantuan orang lain untuk menjalankan situs web (melakukan outsource). Tapi, anda pun baiknya tahu bagaimana cara kerja situs web dan bagaimana mengontrolnya.
6. Terlalu asyik belajar. Poin terakhir ini kebalikan dari poin di atas. Kita terlalu lama terjebak menguasai pembuatan situs web. 90% dari waktu kita habis untuk belajar membuat situs web. Padahal, ada hal yang paling penting dilakukan. Yaitu, menjalankan target traffic yang sudah kita tentukan dan mengarahkan traffic yang ada menjadi customers setia.
Dari semua hambatan di atas, kira-kira apa ya solusinya?
Ya… sebaiknya kita pintar-pintar membagi waktu dan semangat. Ingat time is more than money. Waktu adalah salah satu penentu kesuksesan kita. Setiap detik adalah peluang mengantarkan kita lebih dekat dengan kesuksesan.
Belajar dari nol itu memang sulit. Tapi, bukan berarti tidak bisa kan? Dan, saat asyik-asyiknya belajar kita jangan terlena dan lupa dengan fokus. Fokus yang mana? Ya… menjual produk merchant. Ingat, meningkatkan pembelian produk adalah tujuan akhir dari affiliate marketer. Semakin banyak produk merchant kita jual, semakin banyak komisi yang kita dapat.
Dan semua itu anda yang menentukannya sendiri. Kesuksesan atau kegagalan ada di tangan anda. Jadi silakan pilih…. Semua pilihan ada konsekuensinya. Dan jalani pilihan anda dengan sepenuh hati.
Selamat memilih!

Seperti Apa Content Blog yang Berhasil?

Barangkali anda sering berpikir, apakah content blog saya sudah cukup bagus? Apa yang kurang dari content blog saya ya?
Untuk mengetahuinya, anda bisa saja menilainya sendiri. Tapi biasanya karena khawatir dikira subjektif, anda kemudian meminta orang lain untuk mengomentarinya. Bisa teman anda, para pengunjung blog, atau para pakar blog. Tapi semua itu belum cukup. Selain dari diri anda dan orang lain, ukuran keberhasilan content sebuah blog diukur dari diri blog itu sendiri. Maksudnya?
Maksud saya anda bisa menilainya dari niat awal anda membuat blog. Biar lebih jelas, mari kita ingat kembali…
Kemarin saya memposting tentang 8 cara praktis membuat blog sukses spektakuler. Di bagian awal, saya katakan kalau setiap orang bisa saja memiliki tujuan yang berbeda dalam membuat blog. Bisa misal untuk tempat curhat, berbagi informasi, sebagai ajang latihan menulis, mungkin untuk menyimpan dokumen, dan 1.001 satu tujuan lainnya.
Tak ada yang salah dan tak ada yang benar. Karena semua tujuan anda pilih sendiri berdasarkan kepentingan anda. Tapi pastinya saat anda memutuskan membuat blog, anda memiliki tujuan. Sekalipun cuma iseng-iseng, ya itupun tujuan anda.
Nah, berdasarkan niat anda dalam membuat blog inilah, keberhasilan content anda dinilai. Kalau tujuan anda ngeblog adalah memperbanyak kawan, maka content anda dinilai berhasil, bila makin banyak kawan yang anda punya. Begitupun kalau tujuan anda ngeblog untuk menambah pundi-pundi uang, content dinilai berhasil jika uang anda bertambah banyak.
Tentunya, penilaian anda itu bisa dilakukan setelah melakukan promosi blog. Jadi, setelah membuat content, lakukan promosi, dan evaluasi hasilnya. Bila memang sesuai yang diinginkan, content anda berhasil. Bila belum, berarti anda perlu memperbaikinya dalam posting-posting berikutnya.
Maka, menetapkan tujuan ngeblog sangat penting artinya untuk memajukan blog anda. Karena itu sangat saya sarankan sebelum anda membuat blog jelaskan tujuan anda. Apa sebenarnya yang anda inginkan dari blog anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas, pengembangannya menjadi lebih mudah. Dengan arah yang jelas, langkah-langkah yang spesifik untuk mencapai tujuan tersebut juga lebih mudah dilakukan. Dan dengan menetapkan tujuan yang pasti, anda bisa menulis content sesuai tujuan itu.
Anda setuju?

Resep Nama Blog yang Membawa Hoki

Ketika awal kali berniat membuat blog, pemberian nama menjadi salah satu hal terpenting yang harus dilakukan. Pemberian nama yang tepat akan membuat pengunjung mudah ingat dengan blog anda. Dampaknya, bukan saja anda jadi terkenal, tapi juga aliran uang yang deras akan masuk kantong anda. Sehingga apapun yang anda mau bisa anda wujudkan!
Kalau anda memang serius ngeblog, memberi nama blog sama pentingnya seperti memberi nama untuk anak. Benar saya tak bercanda. Tentu tak pernah terlintas niatan memberi nama yang tak pantas buat anak. Sebab nama yang tak pantas dikhawatirkan berpengaruh buruk bagi perkembangan anak. Karena itu, jangan sepelekan memilih nama, baik untuk anak maupun buat blog!
Lalu bagaimana cara memilih nama blog yang tepat?
Tentu anda bermaksud menanyakan pertanyaan ini. Jawabannya mudah. Anda tak perlu repot pergi ke dukun untuk meminta nama bagi blog anda. Tak perlu pula mengadakan selametan dengan kembang tujuh rupa. Anda bisa melakukannya sendiri kok. Begini saya beritahu langkah-langkahnya.
1. Riset kecil-kecilan dulu. Coba buka search engine seperti Google atau Yahoo. Lalu ketik topik blog yang sudah anda pilih. Misal anda bermaksud membuat blog tentang pantai. Coba ketik: ‘blog pantai’ atau ‘beach blog’ atau ‘pantai’ saja.
2. Amati dan buka beberapa blog. Dari hasil yang ditampilkan search engine, amati nama-nama blog yang tertera. Boleh juga dibuka beberapa blog yang menarik hati. Amati isinya. (Sekalian buat cari inspirasi isi blog yang akan dibuat).
3. Cari tahu berapa pengunjung. Dari sekian blog yang namanya sudah anda catat, cari tahu seberapa banyak pengunjung di blog itu. Banyak tidaknya pengunjung bisa bermula dari tepat tidaknya nama blog yang diberikan.
4. Simpulkan. Setelah mendapat jumlah pengunjung setiap blog, anda bisa melihat nama-nama blog yang sudah populer di bidang yang anda pilih. Sekaligus anda tahu apa kelebihan dan kekurangan blog-blog tersebut.
Ok kembali ke nama! Setelah riset kecil-kecilan dan sudah tahu nama-nama blog yang sudah ada, sekarang kita cari tahu nama yang paling cocok buat blog kita. Saran saya nama blog itu:
• Sesuai dengan isi. Saya sarankan nama yang anda pilih sesuai dengan isi blog. Misal tentang pantai, baiknya kata ‘pantai’ tetap dipakai.
• Gunakan dua kata. Daripada memilih satu kata, lebih baik dua kata sekaligus. Kecenderungan saat ini pengguna internet mencari informasi dengan kata yang lebih spesifik. Dan yang pasti juga membantu membedakan nama blog anda dengan yang lain. Contoh, lebih baik memakai kata ‘pantai bagus’ daripada cuma ‘pantai’ saja.
• Coba cari beberapa alternatif. Misal blog tentang ‘pantai’, anda bisa membuat daftar nama yang bisa dipakai seperti ‘pantai indah’, ‘pantai paling indah’, ‘pantai unik’, atau ‘pantai bali’.
• Tentukan. Timbang baik-baik, dari sekian alternatif nama yang anda tulis, nama apa yang paling tepat. Pilih nama yang bisa mewakili isi blog anda secara keseluruhan. Pertimbangkan pula hasil riset anda sebelumnya. Sebagai acuan karakter pengunjung di topik blog yang anda pilih.
Nah nama sudah ditentukan! Kemudian daftarkan nama itu. Ketika mendaftarkan, saran saya:
• Pilih domain *.com. Karena sebagian besar pengguna internet sudah kadung biasa dengan domain tersebut.
• Tuliskan dalam satu kata. Nama yang sudah anda pilih lebih baik ditulis menjadi satu kata. Misal “pantaiindah.com”. Hindari memakai dash (contoh:pantai_indah.com).
• Tambahkan kata. Bila nama blog yang kita pilih ternyata sudah ada yang pakai, tambahkan kata lain. Tambahan kata upayakan tetap berhubungan dengan nama awal yang dipilih. Misal menjadi “turpantaiindah.com” atau “panduanpantaiindah.com”.
Selamat mencoba! Pastikan nama blog anda sudah tepat. Supaya mengundang hoki biar lekas datang. Kalau hoki sudah datang, jangan lupa kabari saya …

Promosi Gratis Mampu Mendongkrak Popularitas Produk Anda secara Luar Biasa

Tak kenal maka tak sayang. Masih ingat pepatah itu? Itu memang benar. Kalau tak ada orang yang mengenal produk anda, bagaimana mereka mau membelinya. Jadi, mau tidak mau anda harus melakukan promosi. Ya, lakukanlah dengan segencar mungkin dan fokus.
Buatlah seluruh dunia tahu bahwa anda memiliki satu produk yang luar biasa. Semakin banyak orang yang tahu, semakin besar kemungkinan mereka membeli produk anda. Artinya juga makin banyak uang yang masuk ke kantong anda.
Dan, anda perlu strategi promosi yang bagus untuk melancarkan promosi pada semua orang. Sebagai permulaan, Anda bisa manfaatkan promosi internet gratisan. Pilih saja tipe pemasaran dan iklan yang paling baik untuk produk anda. Berkonsentrasilah di sana. Misal, anda bisa bergabung dengan directory.
Semua pilihan promosi gratis di internet itu sangat efektif dan mudah untuk digencarkan. Apalagi kalau situs web anda berdesain profesional, anda bisa kebanjiran pengunjung. Desain yang bagus memang lebih mudah untuk dipromosikan. Itu fakta. Karena kenyamanan pengunjung dimulai dari enak atau tidaknya situs web anda dilihat. Sebelum mereka membaca konten anda, mereka akan melihat bentuk dan grafis yang anda sajikan lebih dulu.
Selain itu anda bisa gunakan forum diskusi atau mailing list. Tentu anda harus menemukan forum yang sesuai dengan produk anda. Terlibat diskusi dengan banyak orang akan memperlebar gerak anda dalam berpromosi.
Ada lagi press release online. Ini jadi salah satu pilihan favorit dalam berpromosi di luar negeri. Tapi di dalam negeri saya amati belum ada. Caranya mudah. Anda bisa menulis press release sendiri. Tulis saja bahwa anda dan perusahaan anda sedang mengeluarkan produk baru. Tambahkan keunggulan apa saja yang anda tawarkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Mudah bukan?
Cara lain yang bisa membuat produk anda terkenal adalah artikel. Menulis artikel yang berisi informasi berharga yang menarik dan unik akan menarik banyak orang untuk datang ke situs web anda. Tulislah dengan baik dan menarik. Jangan ada satupun kesalahan ejaan ataupun tata bahasa. Pastikan isi artikel yang anda buat tidak bertele-tele dan benar-benar mencerminkan produk anda.
Langkah terakhir, anda bisa pasang banner atau mencantumkan link situs web anda. Agar anda tak perlu keluar biaya, anda bisa cari situs web lain yang bisa saling mengisi pasar yang sama-sama dibidik. Anda bisa saling menukar banner dan link. Jadi, iklan anda terpasang di situs web mereka, dan iklan mereka terpsang di situs web anda. Sistem barter yang seperti ini terbukti efektif mempromosikan berbagai produk. Apalagi jika traffic situs web anda tinggi, tak ada pebisnis lain yang menolak bekerja sama dengan anda.
Cuma di internet anda bisa melakukan promosi gratis. Dalam bisnis offline anda tidak akan bisa memasang iklan secara gratis. Misal anda memasang promosi di pinggir-pinggir jalan, anda perlu banyak uang untuk membuat spanduk, memfotokopi dan menyebar pamflet, dll.
Lalu, apa anda masih belum tertarik dengan bisnis internet?

Menjaring Pembeli dalam Dua Hari

Dalam affiliate program pihak mana sih yang paling untung? Affiliate marketer atau merchant?
Biasanya yang paling banyak untung ya merchant. Karena ada banyak affiliate marketer yang sudah menjalankan promosi produknya. Secara otomatis, affiliate marketer yang membuat produk merchant makin terkenal.
Tapi, bukan berarti kita tidak bisa sukses dengan jadi affiliate marketer. Sebagai affiliate marketer kita kan juga diuntungkan. Karena kita tidak perlu repot berpikir membuat produk. Tugas kita hanya mengantar pembeli ke penjual. That’s it! Itu saja.
Nah, saya ada cara praktis menjaring pengunjung atau calon pembeli untuk diantar ke penjual. Anda mau tahu?
Anda bisa melakukannya dalam dua hari saja. Langkah-langkah yang anda ambil dalam dua hari ini bisa jadi pijakan kuat untuk langkah anda pada hari-hari selanjutnya. Kenapa? Kalau anda penasaran, silakan dibaca…
Hari pertama:
1. Langkah pertama bisa anda mulai dengan menaruh semua informasi kontak, informasi pembayaran, dan perhitungan statistik tentang affiliate program anda dalam satu lokasi terpusat. Ini bisa menghemat waktu anda. dengan satu klik anda bisa mengambil informasi apa yang anda perlukan Misal anda perlu daftar kontak email anda tinggal klik database ini.
2. Pilih 3 metode promosi dan dua produk untuk dipromosikan. Metode promosi yang bisa anda pilih:
• Beriklan di ezine.
• Mencantumkan iklan dan link affiliate di situs web anda.
• Memasang banner.
• Mengulas produk affiliate di situs web affiliate anda sendiri.
• Mengirimkan artikel pada pengunjung anda.
Saya tidak menyarankan anda untuk memilih salah satu diantara metode promosi di atas. Anda bisa pilih sendiri yang paling baik untuk anda.
3. Setiap satu metode promosi dan satu produk perlu dua iklan. Jadi, karena anda punya tiga metode promosi dan dua produk, anda harus punya 12 iklan yang berbeda. Kelihatannya anda memang perlu repot. Tapi, anda akan tahu ini efektif! Sebisa mungkin buat pengunjung terkesan dengan iklan yang anda tampilkan. Selanjutnya, kalau sudah terkesan pasti mereka akan meng-klik iklan anda.
Efektif tidaknya iklan juga tergantung pada frekuensi kemunculan iklan anda. Misal anda memasang iklan di halaman situs web. Semakin sering iklan anda muncul, kemungkinan pengunjung terkesan pasti lebih besar. Kalau anda mengirim iklan lewat email, ya… semakin banyak email yang anda kirim, semakin membuat pengunjung penasaran.
Anda bisa menguji coba iklan anda ini sedikitnya pada 300 orang. Atau, jika anda punya kontak lebih, silakan kirimkan newsletter pada lebih banyak orang.
Hari kedua:
Setelah anda memasang semua iklan anda, kemudian silakan menganalisis.
• Produk mana yang iklannya paling banyak di-klik pengunjung?
• Iklan mana yang paling banyak di-klik pengunjung?
Jadi selanjutnya anda bisa menggunakan iklan yang paling laku itu untuk model promosi anda. Dan silakan lakukan promosi gencar terhadap produk yang paling banyak di-klik pengunjung.
Dengan demikian anda tidak menyia-nyiakan waktu dengan memasang iklan yang tidak menarik pengunjung. Dan, anda tidak membuang energi untuk mengiklankan produk yang tidak disukai pengunjung.
Semua langkah yang anda ambil mesti punya pertimbangan. Dan jangan lupa untuk diuji coba terlebih dahulu. Agar, kita bisa langsung tahu bagaimana respon pasar.
Ok… sekarang saya tunggu iklan anda yang terbaik… selamat beriklan.

Menggaet Pelanggan Setia

Pengusaha situs web itu seperti pengusaha restoran. Berusaha menarik pelanggan setia sebanyak-banyaknya. Orang makan di restoran itu tidak cuma cari kenyang. Pelanggan juga cari kenyamanan dan pelayanan yang baik. Nah, pengunjung situs web pun demikian. Mereka tidak hanya perlu informasi. Tapi, mereka juga ingin dimanjakan dengan fasilitas dari situs anda.
Maklum, semua orang pada dasarnya hanya ingin yang terbaik. Anda tidak ingin pembeli komplain dan kapok mengunjungi situs anda kan? Wah, jangan sampai deh situs web kita masuk daftar blacklist pengunjung.
Pembeli berkuasa karena mereka yang menentukan keberhasilan situs kita. Jika anda berada di posisi pembeli, anda pasti akan bertindak sama kan? Mintanya macem-macem…
Membuat pengunjung ”ketagihan” harusnya sudah anda pikirkan sebelum anda luncurkan produk. Jadi saat pengunjung mencoba produk anda, mereka sudah merasakan kelebihan produk anda. Kualitas pelayanan, harga yang cocok, dan produk yang bagus. Dijamin mereka pasti merekomendasikan situs anda pada orang lain.
Sebaliknya jika para pengunjung tidak nyaman, jangan harap mereka kembali. Apalagi, memberi rekomendasi. Ah…impossible!
Bagi sebagian orang, situs anda dianggap sangat berguna. Tapi tak bisa disangkal, pasti ada juga yang menilai situs anda tidak menarik. Bahkan sangat membosankan. Maklumlah… setiap orang kan punya selera yang berbeda.
Tapi, ingat… jangan anti kritik. Karena kritik itu penting untuk membuat bisnis anda maju. Namun, kita juga tidak bisa menuruti kemauan semua pelanggan sekaligus. Karena kita akan kesulitan sendiri nantinya.
Sebagai penjual, kita harus terus mencari formula “bagaimana caranya mendapat pelanggan setia?” Kalau pertanyaan ini terjawab, produk anda pasti laku.
Kalau saya, bikin aja produk yang paling banyak diminati. Lalu, terus pikat pengunjung dan rekatkan mereka satu sama lain. Kemudian kenalkan secara bertahap produk-produk andalan anda. Buatlah mereka familiar dengan produk tersebut.
Oh iya, sebelum membuat situs, tentukan dulu spesialisasi produknya. Maksudnya, satu situs untuk satu kebutuhan tertentu. Biar pangsa pasarnya jelaslah… Buat juga sub-domain dan handbook atau pedoman bagi para pengunjung baru. Bikin juga rencana anggaran. Dan, beri suvenir-suvenir untuk pelanggan. Ini penting untuk menambah nilai plus.
Gampang kan?
Percaya deh, pengunjung anda pasti balik lagi dan balik lagi.
Masih punya ide?
Kalau anda masih punya ide-ide untuk menarik pengunjung, anda harus segera mewujudkannya. Jangan sampai jadi basi. Kan eman-eman… Atau, jangan-jangan anda kesulitan menuangkan ide-ide itu. Ah! Tenang saja. Saya juga pernah mengalaminya kok. Meski saya sudah punya beberapa situs.
Setelah semua situs launching, kadang saya merasa ”kok kayak belum lengkap ya…? rasanya belum semua ide-ide saya nongol…”
Nah, anda mau ikut cara saya? Boleh kok…
Silakan evaluasi lagi situs anda. Rencanakan saja laba yang ingin anda dapat dari produk anda. Perkirakan juga, apa untungnya pelanggan membeli produk kita?
Untuk membuat produk kita laris tidak perlu ide yang muluk-muluk! Keluarkan aja ide-ide anda secara bertahap. Jangan lupa untuk membuat launching yang menarik. Ini berfungsi sebagai umpan.
Ah… satu lagi yang hampir lupa! Belajar dari pesaing anda juga penting. Anda bisa cari tahu mengapa situs pesaing anda itu laris. Lalu, pasang standar minimal untuk produk anda. Apapun yang dimiliki pesaing anda, itulah hal yang paling sederhana yang ada di situs anda. Tapi, anda harus tetap berpikiran kalau pesaing anda itu jauh di atas anda. Maksudnya, agar anda terus berbenah dan meningkatkan kualitas.
Yang terakhir, siap-siaplah SUKSES MENDEKATI ANDA!

Membuat Blog Bersahabat dengan Search Engine

Banyak teman, banyak rejeki. Itulah yang kita yakini sejak zaman kakek-nenek kita dulu. Karena biasanya temanlah yang akan selalu menemani kita baik saat senang maupun susah. Misal, tengah senang karena kelahiran putra pertama, pasti kawan ikut kita hubungi. Begitupun kalau sedang kesulitan keuangan, pasti temanlah tempat pertama mencari bantuan …
Teman pula yang biasanya selalu mendorong kemajuan kita. Lewat motivasinya, kita didukung untuk terus melaju. Peluang-peluang bisnis pun tak jarang yang datang karena ikatan pertemanan. Pendeknya, punya teman tak ada ruginya. Justru selalu mendatangkan keuntungan.
Begitupun dalam hal ngeblog. Kita juga harus punya banyak teman. Biar traffic blog kita bisa cepat menjulang. Tanpa punya teman, bisa dipastikan blog kita akan kekurangan pengunjung. Tak ada yang mau peduli terhadap blog yang kita punya. Tak ada yang memberi saran, kritikan, maupun pujian. Karena itu, perbanyaklah punya teman.
Dalam urusan ngeblog, teman pertama yang wajib anda punya adalah search engine. Kenapa? Ya karena lewat search engine lah biasanya pemakai internet mencari informasi. Kalau blog anda tak tampil di search engine, pasti tak banyak yang bakal tahu dan datang ke blog anda. Dengan bersahabat baik dengan search engine, sangat mungkin blog anda berada di urutan teratas hasil pencarian search engine.
Untuk menjadi sahabat search engine, tentu blog anda anda harus dikenal terlebih dulu olehnya. Tujuannya supaya blog anda tercantum dan diindeks oleh search engine. Inilah tahap penting pertama yang harus anda lalui.
Secara umum, ada dua cara untuk melakukannya.
Pertama, anda diam saja menunggu search engine menengok blog anda. Bila anda memilih cara ini, saya sarankan memakai Blogger atau Wordpress. Sebab konon blog di kedua penyedia ini akan terindeks secara otomatis ke search engine paling lama dua hari.
Cara kedua adalah dengan berinisiatif menemui search engine. Daftarkan blog anda pada mereka. Tak harus semua search engine, cukup pilih search engine terkemuka saja seperti Google, Yahoo, dan MSN.
Kalau anda sudah kadung punya blog selain di Blogger dan Wordpress, memang membutuhkan waktu lebih lama buat search engine untuk menemukan blog anda. Tapi tak usah khawatir, ada cara yang bisa mempercepatnya.
Buatlah link dengan blog atau website lain. Biasanya ketika si spidernya search engine mengunjungi sebuah blog/website, ia juga akan memeriksa link-linknya. Buatlah link sebanyak mungkin agar blog anda cepat ditemukan search engine. Serta pilih blog yang populer atau banyak pengunjungnya. Karena blog yang terkenal biasanya sering didatangi spider-nya search engine.
Saya yakin kalau anda lakukan itu, dalam sehari blog anda sudah nongol di search engine.
Mudah kan? So, kenalanlah dan bersahabatlah dengan search engine…

Langkah-Langkah Kecil yang Menghasilkan Keuntungan Luar Biasa

Dalam posting sebelumnya, saya tekankan betapa penting membuat perencanaan blog serta membuat judul yang menarik. Langkah-langkah sederhana itu tampaknya sepele saja dan mungkin sudah ditulis jutaan kali oleh para blogger. Tapi kenyataannya memang begitulah. Langkah-langkah kecil itu sangat menentukan kesuksesan blog kita.
Bisa dipastikan tak ada blog hebat yang tak mempraktekkan kedua hal tersebut. Silakan cari dan amati sendiri. Misal kita telusuri Tehnorati untuk melihat-lihat blog-blog yang masuk jajaran papan atas di jagad blogosfer. Kerap apa yang mereka lakukan dengan blog mereka tak terduga. Selalu muncul inovasi dan gebrakan baru yang tak pernah kita pikirkan. Gerakan blog-blog itu selalu jauh beberapa langkah di depan blog kita.
Judul-judul yang mereka buat pun selalu memancing keingintahuan pembaca untuk mengklik. Begitu melihat judulnya seketika timbul rasa penasaran untuk tahu apa isinya. Walau terkadang isinya biasa saja, tapi jari-jari kita tak kuasa untuk tidak mengkliknya. Karena itu pantaslah jika mereka meraih keadaan yang diidamkan para blogger: memiliki traffic yang melimpah dan keuntungan yang berlipat-lipat.
Dan saya yakin performance yang begitu luar biasa itu berawal dari perencanaan yang tepat. Kata orang bijak, dengan membuat perencanaan berarti tujuan kita sudah setengah tercapai. Tanpa perencanaan sama artinya kita merencanakan kegagalan.
Oke, melanjutkan posting sebelumnya, kita teruskan langkah-langkah sederhana untuk menghasilkan keuntungan luar biasa.
• Beri judul gambar dengan kata. Sebaiknya biasakan memberi judul gambar dengan kata, bukan angka. Serta sesuaikan dengan posting anda. Misal, untuk posting tips ngeblog, lebih baik gambar yang anda upload juga diberi nama “tips-ngeblog.jpg” daripada dengan “gambar1.jpg”. Ini akan membantu pencarian di search engine. Jangan lupa pula sertakan deskripsi gambar yang sesuai. Ini akan meningkatkan tingkat keterbacaan keyword anda.
• Gunakan element judul pada setiap link yang anda buat. Agar ketika pembaca mengarahkan cursornya ke link yang anda buat, bisa tahu gambaran isinya. Ini penting untuk meningkatkan keinginan pembaca untuk meng-kliknya.
• Pilih template yang bisa diakses cepat. Memakai template yang hebat kadang sangat menyenangkan. Karena bisa terlihat sangat wah. Tapi kalau kemudian justru membuat lelet dibuka, sebaiknya hindari. Sebab, hal pertama yang diinginkan pengunjung adalah secepat mungkin bisa melihat isi blog anda.
• Pilih web host yang cepat. Ranking blog anda sangat dipengaruhi oleh kemampuan blog anda. Jadi jika blog anda lama untuk bisa diakses, pasti rangking blog anda ikut jeblog. Salah satu penyebabnya mungkin karena penyedia web hosting yang tak bagus. Cari web hosting yang bagus. Panduan memilih web host bisa anda lihat di sini.
• Simpan foto di server anda. Foto atau gambar yang anda pasang sebaiknya diletakkan di server anda. Karena jika anda meletakkanya di tempat lain, misal di situs penyedia gambar gratis, maka traffic yang anda peroleh akan lari ke sana.
• Gunakan Google Sitemap. Google sitemap berisi tentang content blog anda. Baik URL-nya serta informasi frekuensi update halaman-halaman web. Adanya sitemap ini akan sangat membantu search engine Google dalam mengindeks situs kita.
Lakukan langkah-langkah kecil ini agar hasil luar biasa bisa segera anda rasakan. Penghasilan raksasa tak harus dilakukan dengan langkah-langkah raksasa pula, tapi dengan cara-cara sederhana pun bisa.
Ok. Saya tunggu komentar anda…

Langkah-Langkah Kecil yang Menghasilkan Keuntungan Luar Biasa

Menjadi blogger sebetulnya sangat gampang. Tapi untuk menjadi blogger yang hebat memang kita butuh perjuangan sedikit keras. Selain terus memproduksi tulisan berkualitas, tak henti berpromosi, juga meningkatkan fitur dan tampilan blog kita.
Karena itu, kita tak boleh berhenti belajar. Untuk terus meningkatkan kualitas blog, kita dituntut memiliki sikap terbuka dan pantang berpuas diri. Tidak berhenti pada satu titik lantas merasa blog yang kita punya sudah sempurna. Blog harus terus berkembang dan berkembang.
Memang kadang ada banyak kesibukan yang membuat kita memaafkan diri telah menelantarkan blog kita. Tapi itu sebetulnya tak perlu terjadi asal ada perencanaan blog dan kita mematuhinya. Dan perencanaan itu bersumber dari apa tujuan kita membuat blog.
Bila tujuan kita menjadikannya sebagai blog personal atau blog yang dimaksudkan menjalin hubungan dengan banyak orang, bukan berarti lantas boleh membuat kita asal-asalan mengurusnya. Kita tetap harus merencanakan perkembangannya dari hari ke hari. Bila tak diurus dengan benar, pasti tak banyak yang mau menjalin hubungan dengan kita. So, tujuan memperbanyak teman jadi tak tercapai.
Apalagi kalau tujuan membuat blog untuk menghasilkan uang. Tanpa keseriusan dan komitmen untuk mengelola blog dengan benar pasti kran uang tak mengalir lancar. Mampet! Impian anda untuk bermandikan uang pun jadi tak kesampaian.
Karena itu, sangat saya sarankan untuk membuat perencanaan blog. Baik perencanaan harian, mingguan, bulanan, tahunan dilengkapi target yang ingin anda raih. Target tahunan merupakan impian yang ingin anda capai tahun ini. Mungkin 10 ribu teman baru atau penghasilan Rp 100 juta.
Mustahil? Sama sekali tidak! Banyak orang termasuk saya yang sudah membuktikannya. Dulu bagi saya impian mendapat uang milyaran nyaris tak pernah terbayangkan. Tapi kini itu sudah saya rasakan dan nikmati.
Memang duit sebanyak itu tak saya taruh semuanya di tempat tidur saya. Karena selain saya tak bisa tidur gara-gara tempat tidur dipenuhi tumpukan uang itu, bisa-bisa ranjangnya juga ambruk. Semua penghasilan itu sudah saya investasikan kembali. Agar makin banyak uang yang bisa saya peroleh sehingga makin banyak pula yang bisa saya perbuat untuk orang banyak.
Saat ini, impian saya adalah bagaimana membuat anda-anda semua bisa ikut merasakan kenikmatan yang kini saya jalani. Bagaimana anda bisa hidup tenang tanpa tekanan pekerjaan yang bertubi-tubi dan membuat tubuh lelah dan pikiran anda stres berat, namun penghasilan terus mengalir deras tanpa henti seperti. Seperti air terjun, uang yang anda terima terus mengucur deras mengguyur tubuh anda.
Kembali ke soal perencaaan, setelah membuat perencanaan tahunan, perlu anda jabarkan dalam langkah-langkah lebih konkret dalam perencanaan bulanan, mingguan, dan bahkan harian. Perencanaan-perencanaan itu yang nantinya akan menjadi jembatan-jembatan meraih target anda tahun ini.
Kalau tengah bingung mau anda apakan blog anda hari ini, ini yang bisa anda perbuat: Buat judul posting yang dicari oleh pembaca!
Headline atau judul yang anda pasang memiliki peran sangat penting. Karena dari headline, pembaca memutuskan membaca posting anda atau tidak. Kalau judul anda tak cukup menarik untuk menggugah pembaca mengklik, jangan harap posting anda dibaca.
Karena itu, saya sarankan sebelum posting, pikirkan baik-baik headlinenya. Ini yang perlu anda jadikan pertimbangan:
1. Buat judul semenarik mungkin. Yang menarik seperti apa? Bisa banyak pertimbangannya, yang pasti bisa menggugah pengunjung untuk membacanya. Coba lihat judul anda. Apakah paling tidak cukup menarik untuk anda sendiri? Kalau tidak anda bisa ganti headlinenya. Cari beberapa alternatif sebelum anda putuskan yang anda pakai.
2. Pakai kata yang banyak dicari orang. Apa kata yang banyak dicari orang? Karena setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik, kira-kira ini kata yang sering mereka cari: sukses, mudah, uang, enak, dan sejenisnya. Pakai kata yang populer dalam headline agar bisa lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Hindari memakai kata yang rumit dan tak banyak dipakai.
Coba lihat headline anda. Kalau tak menarik segera ganti. Lihat pula headline dalam tulisan-tulisan sebelumnya. Tak ada salahnya mengganti kalau anda rasa memang tak cukup menarik di mata pembaca.
Bagaimana? Headline anda sudah lebih baik?

Inilah 10 Sumber Penghasilan Blog yang Bisa Mengalir Deras Masuk Kantong Anda

Dunia internet itu selalu tanpa batas. Banyak hal yang sepertinya tak mungkin, tapi nyatanya bisa terjadi.
Dulu sebelum internet lahir, banyak orang yang hanya ingin “hidup” saja (belum kaya) harus benar-benar menguras keringatnya untuk bekerja. Dari pagi sampai sore bahkan terkadang malam hari, mereka harus bergelut dengan pekerjaannya. Itupun kadang hasilnya tidak sepadan. Waktu dan tenaga mereka yang habis untuk bekerja hanya cukup untuk makan ala kadarnya.
Tapi sekarang, begitu internet lahir, sudah tidak terhitung berapa orang yang bukan hanya bisa bekerja gara-gara teknologi ini, tapi juga bisa kaya mendadak tanpa harus keluar keringat. Tidak sedikit para internet marketer yang cuma tinggal klak-klik mousenya dan uangpun mengalir sendiri ke kantongnya. Itupun dilakukan di ruangan ber-AC dengan tubuh yang bisa bebas bergerak. Tidak harus selalu berada di bawah meja seperti para orang kantoran. Kadang para internet marketer itu melakukannya sambil liburan di pantai, melihat ombak yang gulung-menggulung seperti halnya uang yang juga gulung-menggulung masuk kantong.
Seperti itulah berkah dari internet. Yang mampu membuat seseorang yang hampir terperosok di jurang kemelaratan tiba-tiba melesat berada di puncak kesuksesan.
Maksud saya berbincang ngalor-ngidul tadi adalah kesempatan sukses lewat internet itu selalu terbuka lebar. Tinggal anda mau masuk menggelutinya atau diam di tempat seperti sekarang selama-lamanya.
Pilihan sepenuhnya ada pada anda!
Baiklah. Sekarang saya akan tunjukkan jalan anda bisa kaya lewat blog. Ada beragam sumber penghasilan yang akan terus mengalir memenuhi kantong anda.
1. Iklan. Ini mungkin yang paling umum dilakukan orang. Dan tidak sedikit juga blogger Indonesia yang sudah mendapat jutaan rupiah per bulannya. Program iklan yang paling banyak dipakai seperti Google Adsense, WidgetBucks, dan Text Link Ads.
2. Affiliate Program. Banyak sekali affiliate program yang bisa anda ikuti. Misalnya seperti Formula Bisnis yang saya kelola yang sudah membantu ribuan orang lepas dari kemelaratan. Atau affiliate program luar negeri yang cukup bagus seperti Clickbank, Linkshare, Commission Junction, dan Amazon.
3. Iklan langsung. Anda pun punya kesempatan menambah pundi-pundi uang lewat iklan secara langsung. Maksudnya, perusahaan atau lembaga yang tertarik berpromosi lewat blog anda, bisa langsung memasang iklan tanpa perantara. Anda pun bisa jemput bola dengan menawarkannya kepada mereka. Tapi tentu mereka tak mau asal pasang iklan. Tetap juga dilihat apakah blog anda trafficnya tinggi, pengunjung blog anda sesuai dengan target market perusahaan, dan citra blog anda tidak menganggu citra perusahaan.
4. Blog network. Bergabung dengan blog network bisa menambah pemasukan anda. Biasanya blog network yang anda ikuti juga akan membagikan penghasilan dari iklan yang diperoleh.
5. Menjual Blog. Anda bisa buat blog dengan tujuan untuk dijual kembali. Jika blog anda trafficnya tinggi, biasanya banyak yang tertarik membeli. Di luar negeri, hal ini sudah biasa terjadi. Jadi anda tinggal buat blog, kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Lalu anda tinggal buat blog baru untuk dikembangkan lagi dan dijual lagi.
6. Jual merchandise. Jika blog anda sudah memiliki banyak penggemar, anda bisa meraup lebih banyak uang dengan menjual merchandise bertuliskan blog anda. Misal bentuknya berupa kaos, mug, atau kalender.
7. Konsultan Blog. Anda bisa menjadi konsultan bagi orang-orang yang berniat membuat blog. Anda bisa pasang tarif untuk setiap konsultasi. Di luar negeri, profesi konsultan blog ini sudah berkembang pesat. Dan di negeri kita, profesi ini sudah mulai menggeliat. Dengan mulai tumbuhnya blog korporat, Anda pun bisa menyasar perusahaan-perusahan sebagai calon klien anda.
8. Seminar. Anda bisa buat seminar tentang dunia blog. Atau temanya spesifik seperti blog yang anda punya. Ini salah satu cara untuk meraup lebih banyak lagi uang masuk ke kantong anda.
9. Bisnis Menulis Blog. Karena isi blog terutama tulisan, ini juga bisa anda jadikan peluang sumber penghasilan. Anda bisa tawarkan diri untuk mengisi blog-blog orang lain.
10. Menulis di media massa. Bukan hanya menulis di blog sendiri atau blog orang lain, anda pun bisa menulis di media konvensional seperti koran atau majalah. Anda bisa cantumkan profesi sebagai blogger. Anda juga bisa membuat buku tentang dunia blog atau tema lainnya. Selain aliran uang makin deras, nama anda juga akan makin berkibar.
Sangat banyak kan sumber penghasilan yang bisa anda buat dengan blog? Prinsipnya jangan pernah puas dengan sumber penghasilan yang sudah anda punya selama ini. Terus buat sumber baru. Dengan kreativitas, anda pasti bisa kembangkan sumber penghasilan baru yang tak terduga. Dengan memperbanyak sumber aliran uang, selain pasti memperbesar aliran uang, anda juga memperkecil risiko kegagalan usaha.
Ada yang mau menambahkan sumber penghasilan di atas?

Inilah 10 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Kita tahu, ada berbagai tantangan yang kita jumpai saat berbisnis. Namun anda juga harus tahu, ada banyak cara untuk memecahkannya. Anda harus tetap berpikir positif dan bersikap pantang menyerah.
Suatu saat mungkin traffic anda sedang jeblok. Maka anda harus mencari trik meningkatkan traffic. Di saat yang berbeda, bisa jadi traffic anda lumayan ramai tapi sepi transaksi, maka anda harus mampu mengubah pengunjung menjadi pembeli. Inilah tantangan anda sebagai seorang pebisnis internet.
Dari berbagai tantangan itu sebenarnya hanya ada satu tujuan, yaitu meningkatkan keuntungan. Nah, cara yang paling mudah adalah dengan meningkatkan penjualan. Semakin banyak terjadi transaksi penjualan, semakin melimpah pula keuntungan yang anda dapat.
Anda menginginkannya kan? Tentu saja. Cobalah cara yang saya anjurkan di bawah ini. Saya yakin hasil penjualan anda meningkat dengan cepat.
1. Berikan bonus gratisan pada pengunjung. Bisa berupa produk informasi, software, atau content. Tidak ada orang yang tidak suka diberi bonus gratis. Dengan cara itu anda sama saja melakukan promosi.
2. Beriklanlah! Promosikan produk anda baik lewat banner di situs web sendiri, juga dengan beriklan di situs membership. Juga bisa lewat dengan membeli space iklan di produk informasi pebisnis lain atau software. Iklan akan menggiring pengunjung untuk mendatangi situs web anda.
3. Update produk. Sesuaikan produk anda dengan perkembangan kebutuhan dan selera pengunjung. Jika anda merasa perlu, desain ulang produk anda atau tambahkan beberapa hal terkini di dalamnya. Sangat baik jika perubahan yang dilakukan juga bertujuan untuk menjangkau pasar target market baru.
4. Ubah harga produk. Tak selalu harga yang lebih murah membuat produk anda lebih laris. Sering kali, dalam pikiran pembeli tertancap keyakinan produk yang lebih mahal mutunya selalu lebih baik. Dengan menaikkan harga produk, juga membuat level produk anda meningkat. Tidak pasaran! Anda sudah tahu bagaimana cara menentukan harga produk?
5. Bangun citra anda sebagai seorang pakar. Orang akan lebih mudah percaya saran anda jika anda memang ahli dalam bidangnya. Seperti halnya tidak ada pasien yang menolak apa kata dokter. Bagaimana membangun reputasi anda? Selalu belajar dan komunikasikan bahwa anda memang pakar dalam suatu bidang.
6. Kembangkan fitur produk anda. Tak cukup hanya dengan mengandalkan kualitas produk utama anda, namun pelayanan yang memuaskan juga perlu mendapat perhatian. Anda bisa pula menambahkan fitur-fitur tambahan untuk produk anda. Seperti halnya kalau operator seluler bukan hanya menjual pulsa, tapi juga ringtone, sampai info ramalan nasib.
7. Berikan kesan pertama yang menawan. Saat seorang pengunjung pertama kali berkunjung, buat mereka terkesan. Bukan dengan iklan banner yang mungkin anda pasang besar-besar, tapi dengan manfaat yang akan mereka dapatkan dari situs web atau blog anda.
8. Tingkatkan kualitas pelayanan. Latih diri anda dan orang-orang yang membantu anda untuk bersikap ramah. Layani pengunjung dengan sebaik mungkin. Gunakan prinsip RSCM (Ramah, Sopan, Cepat, dan Memuaskan).
9. Buatlah logo dan slogan yang mudah diingat. Usahakan begitu pengunjung melihatnya, maka segera teringat pada bisnis anda. Gunakan logo yang sederhana namun unik. Begitupun dengan slogan, gunakan kalimat singkat namun mengena. Anda ingat kan tagline “stop dreaming, start ACTION!” dengan berbagai varian slogannya seperti “Salam ACTION!” dan “Ayo ACTION!”.
10. Jadilah anggota perkumpulan pebisnis internet. Selain dapat menimba ilmu dari berbagai pebisnis internet, kredibiltas anda akan ikut terdongkrak. Anda akan mendapat banyak pengalaman serta ide jika bergaul dari mereka.
Cara di atas sangat sederhana kan? Anda bisa memulainya satu persatu. Dengan melakukan cara-cara di atas, naluri bisnis anda akan terus terasah. Setidaknya anda akan semakin memahami bagaimana berbisnis internet untuk selanjutnya meraih keuntungan besar seperti yang anda idamkan.
Mulailah sekarang… dan segera ACTION!

Saatnya Berbisnis Internet dan Raih Kekayaan Tanpa Batas!

“Life is a choice.” Begitu pun dalam berbisnis, anda dihadapkan pada pilihan-pilihan. Termasuk pilihan memakai sentuhan internet atau tidak. Jika memilih menggunakannya, pilhan anda sudah tepat.
Di zaman sekarang, mau tak mau bisnis harus memanfaatkan sentuhan internet. Sebab, penetrasi yang luas serta kecepatan merengkuh pasar hanya bisa disediakan internet. Hal ini seperti yang saya tulis dalam posting sebelumnya bagaimana bisnis internet menjadi primadona dibanding lainnya.
Bisnis saat ini, harus kita akui tak bisa lepas dari dunia internet. Maka, siapa yang menguasai pertempuran di dunia internet, maka ia akan memenangkan persaingan bisnis. Bagaimana caranya?
Pertama tentu anda perlu punya situs web atau blog yang memajang produk atau bisnis anda. Dengan begitu, seluruh dunia bisa tahu dengan bisnis anda. Situs web atau blog memungkinkan anda membangun jaringan bisnis di seantero jagad.
Untuk membuat situs web atau blog pun biayanya tak mahal. Paling hanya sekitar Rp 500 ribu untuk membeli domain () dan hosting untuk jangka waktu satu tahun. Dengan biaya itu, anda sudah bisa memajang produk-produk anda selama 24 jam penuh, tanpa perlu anda tunggui seperti kalau punya toko. Dan, bahkan kalau saya amati dari waktu ke waktu biaya hosting dan domain itu makin murah dibanding di zaman dulu.
Menggunakan internet adalah langkah besar dalam memulai bisnis anda. Anda boleh saja ragu, tapi anda akan tercengang melihat hasilnya. Anda akan terkejut berapa banyak klien dan calon konsumen yang mampir ke situs web/blog anda, baik untuk melihat-lihat atau sekedar bertukar pengalaman berbisnis.
Bukan hanya itu, calon pelanggan anda juga bisa mempelajari produk anda dengan lebih cermat. Mereka berkesempatan tahu tentang produk anda, harganya, dan keunggulan-keunggulan produk anda. Kalau tak punya situs web/blog, tak terbayangkan dan pasti melelahkan bukan kalau anda harus menjelaskan semua hal tadi kepada setiap orang yang menanyakan produk anda.
Setelah punya situs web atau blog, langkah kedua adalah dengan beriklan. Beriklan di internet terhitung sangat murah dibanding media bukan internet. Apalagi dengan jangkauan yang mampu mencapai seluruh dunia serta tingkat efektivitasnya, beriklan di internet sangat hemat biaya.
Dengan beriklan, anda bisa memperbesar aliran pengunjung yang datang ke situs web atau blog anda. Ini penting untuk meningkatkan tingkat penjualan produk anda. Masih bingung? Logika sederhananya begini. Semakin banyak pengunjung, maka peluang larisnya produk anda juga makin besar. Misalnya dari 100 pengunjung, hanya satu orang yang tertarik membeli. Dengan beriklan, anda akan bisa melipatgandakan jumlah pengunjung yang datang.
Asal anda terus konsisten dan berusaha meningkatkan performa bisnis anda di internet, maka bisnis anda akan makin makin berkibar. Sekedar contoh, tiga bulan lalu, hasil pencarian www.FormulaBisnis.com di Google mencapai 74.500 buah. Kini sudah meningkat lebih dari dua kalinya menjadi 198.000.
Coba bayangkan berapa banyak dana yang anda butuhkan kalau anda menggunakan media konvensional. Beriklan di televisi nasional dengan durasi sekitar 30 detik membutuhkan sekitar Rp 10 juta. Beriklan sekali satu halaman penuh di koran nasional bisa mencapai Rp 500 juta. Di internet, anda bisa melakukannya jauh lebih hemat dengan efek yang jauh lebih dahsyat.
Tak terbantahkan, internet kini menjadi pilihan paling tepat. Punya produk apapun, coba bayangkan andai anda memiliki pembeli dari seluruh dunia. Produk anda laris manis jauh melebihi kacang goreng. Satu-satunya media yang bisa melakukannya hanyalah internet.
Kalau anda sebagai pelanggan pun, rasanya anda juga akan lebih senang memakai internet untuk mencari produk yang dibutuhkan. Mana yang lebih mudah dilakukan, bertanya pada penjaga toko atau mencari sendiri produk yang dibutuhkan dan mengumpulkan semua informasinya? Saya kira jawabannya pasti melakukannya dengan internet!
Cara lainnya apa? Baca kiat memenangkan bisnis internet.
Yang jelas, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya. Kata terlambat hanya berlaku bagi mereka yang menyerah dan takluk pada nasib…
Mari beraksi dan mulai berbisnis internet!

Do What You Love and The Money Will Follow…

Setelah menggeluti bisnis internet sekian lama, lalu juga membuat blog, dan menjelajahi ribuan blog dan situs web dari dalam maupun luar negeri dengan beragam topik, akhirnya saya berujung pada satu kesimpulan bahwa kesuksesan sebuah blog atau situs web sangat bergantung pada seberapa besar anda mencintai atau menyukai topik blog/situs web anda. Jadi, sama sekali bukan karena pengetahuan yang anda miliki, tapi karena kecintaan anda pada topik tersebut.
Pebisnis internet maupun blogger yang bisa bertahan bahkan terus maju biasanya yang topik blog/situs webnya sesuai kecintaan mereka. Kalau topiknya tak sesuai minat, biasanya yang terjadi cepat atau lambat, nasib blog/situs webnya akan segera menemui “ajal”-nya.
Ketika pertama kali berniat membuat blog, mungkin awalnya kita buka-buka blog lain. Lalu kemudian kepincut dengan sebuah blog yang sukses, yang punya banyak pengunjung dan banyak mendatangkan uang. Kemudian kita jadi berpikir untuk membuat blog yang sama topiknya. Padahal mungkin kita tak menyukainya. Yang kita pikirkan hanya agar blog yang kita buat punya traffic tinggi dan mampu mendulang uang.
Yakinlah, sebetulnya topik blog apapun yang anda usung, memiliki peluang sukses yang sama. Tinggal seberapa baik content yang anda berikan kepada pengunjung.
Intinya, anda harus terjun ke topik yang BENAR-BENAR anda minati. Karena bila tidak, anda sulit untuk menjiwainya. Dan pada akhirnya anda akan kehilangan minat untuk mengisi contentnya. Sebaliknya, kalau kita cinta dan senang terhadap topik yang kita tulis, sampai kapanpun kita tak akan pernah berhenti untuk terus mengeksplorasinya.
Memang kadang aktivitas ngeblog, terutama di awal-awal terasa sangat berat. Butuh konsentrasi, tenaga, serta waktu yang cukup banyak untuk menanganinya. Terlebih sebagian besar dari anda mungkin punya kesibukan lain. Mungkin anda merangkap sebagai ketua RT/RW di kampung atau pekerjaan harian anda cukup padat.
Dan yang lebih berat, saat anda merasa sudah berusaha cukup keras, namun ternyata hasilnya belum dirasa sepadan. Jarang ada pengunjung dan pemberi komentar di blog anda. Tak ada link yang menyambung. Dan pastinya tak ada uang yang mengalir.
Saat itulah, biasanya anda mengalami masa terberat. Namun, percayalah, teguhkan kepercayaan anda. Yakinlah bahwa tak ada yang sama sekali sia-sia di muka bumi ini. Termasuk jerih payah anda ngeblog pasti akan terbayar.
Satu hal yang akan sangat membantu anda saat masa sulit seperti itu adalah kecintaan anda terhadap apa yang anda tulis. Bila anda benar-benar mencintai apa yang anda tulis di blog, urusan uang menjadi nomor dua. Yang utama, hanyalah anda bisa menulis pada topik yang sangat anda cintai. Anda tak akan berhenti sekalipun hasilnya belum memuaskan. Anda akan terus menulis dan menulis. Tak pernah berhenti…
Bila anda sudah berada pada kondisi ini, ngeblog bukan lagi semata pekerjaan bagi anda. Ngeblog sudah menjadi jalan hidup anda. Menjadi bagian dari diri anda bahkan. Dan anda akan selalu menikmatinya.
Saya jamin kalau anda sudah dalam kondisi seperti ini keberhasilan blog anda hanya soal waktu. Keuntungan yang tak terkira pasti akan anda rasakan. Bila tak sekarang, besok, atau lusa, saya yakin suatu saat anda pasti akan merasakan betapa nikmat dan beruntungnya menjadi blogger.
Tak sulit memiliki blog atau situs web yang menghasilkan banyak uang. Yang anda butuhkan hanya totalitas. Totalitas bukan berarti anda harus menghabiskan waktu 24 jam sehari 7 hari seminggu berada di depan layar monitor. Totalitas berarti rasa menyatu anda dengan blog anda. Blog anda telah menjadi bagian dari diri anda. Dan karena itu, anda akan memberikan perhatian penuh padanya. Memperhatikan perkembangannya serta merawatnya sepenuh hati. Dengan suka cita berbagi ilmu dan pengetahuan kepada pengunjung blog. Serta berbagi rasa pula.
Kalaupun motivasi utama anda ngeblog untuk mendapatkan uang juga tak salah. Asal anda mengelolanya secara serius dan konsisten, uang hanyalah “akibat” yang harus anda terima.
Yang paling penting hanya rasa cinta terhadap topik yang anda pilih. Bila anda senang, maka sampai kapanpun anda akan terus bertahan untuk ngeblog. Serta akan terus belajar bagaimana untuk selalu memberikan content terbaik kepada pengujung. Kecintaan dan minat anda adalah kekuatan terbesar untuk sukses pada topik apapun yang pilih.
Mungkin bisa saja anda mempekerjakan orang untuk menulis topik yang tak anda suka. Tapi itu bukan jaminan blog anda bisa sukses. Karena bagaimanapun andalah yang bertanggung jawab terhadap mati-hidup blog anda. Dan berkat kecintaan yang mendalam anda terhadap bidang yang anda geluti, maka anda akan menjalaninya dengan sepenuh hati.
Kalaupun anda mencari penulis, saran saya anda tetap harus mengontrol tulisan yang dihasilkannya. Serta dalam mencarinya, pilih penulis yang suka membaca, selalu mau belajar dan bermental pantang menyerah. Dengan begitu, bisa dipastikan kualitas content blog anda terus meningkat. Namun begitu, sekali lagi, anda tetap harus mengontrolnya.
Jadi intinya anda harus menyukai topik yang akan anda tulis. Mengenai kemampuan teknis bisa anda pelajari kemudian. Seperti mengasah skill berpromosi misalnya.
Kalau misalnya ada pertanyaan begini: Mana yang anda pilih topik yang menghasilkan uang atau yang populer? Saran saya, pilih topik yang anda cintai. Tak ada saran lain. Seperti kata judul di atas: “Do what you love and the money will follow…”