Jumat, 28 November 2008

Berikan Content Gratis, Pasti anda Untung!

Masih ingat ketika pertama kali anda tahu blog? Saat itu mungkin anda berpikir kenapa blogger mau menyediakan content secara gratis yang membuat anda bisa mengakses layanan itu kapanpun, tanpa harus membayar.
Padahal, di sekeliling kita, hal-hal gratisan sepertinya makin sulit saja ditemukan. Media massa cetak seperti koran dan majalah sebagian besar berbayar. Kalaupun ada yang gratis, biasanya kita harus siap melihat iklan yang porsinya hampir memenuhi semua halaman.
Begitupun untuk “urusan” mendasar-mendesak kita. Seperti buang hajat misalnya, hampir di semua terminal yang menyediakan toilet, ada penjaga dan kotak uang yang bertuliskan nominal tertentu. Lalu kenapa di dunia internet malah banyak gratisnya ya?
Kalau anda memang berminat menekuni bisnis internet, hal ini salah satu konsep penting yang harus anda ketahui. Kenapa anda memberikan content secara gratis, dan anda tetap bisa mendapatkan penghasilan yang melimpah.
Salah satu penyebab kenapa internet menjadi bisnis masa depan, selain karena biaya rendah, jangkauan luas dan bisa diakses kapanpun, adalah kemampuan internet menyediakan banyak hal secara gratis. Manusia mana yang tak tertarik dengan barang gratis?
Ada artikel, lagu, dan banyak hal lainnya yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Karena kemampuannya itu, maka internet mempunyai daya tarik luar biasa di mata semua orang. Mereka menjadikan internet menjadi salah satu pilihan utama dalam mendapatkan hal yang diinginkannya secara GRATIS.
Kalau gratis, lalu mendapat hasilnya dari mana? Bukankah bisnis selalu berpatok pada seberapa besar biaya yang dikeluarkan dan berapa hasil yang didapat? Tenang. Saya akan menjelaskannya lebih banyak pada anda.
Di internet, banyak fasilitas yang bisa anda pakai gratis. Anda bisa mendapat domain gratis, hosting gratis, dan berbagai hal gratis lainnya. Dengan semuanya itu anda bisa memberikan content gratis. Anda bisa membuat content sebanyak yang anda inginkan. Sebab, content merupakan aset terpenting. Karena yang pengunjung cari adalah content.
Bagi pebisnis, mungkin mendapat untung adalah yang terpenting. Mereka selalu menginginkan uang dari setiap pengunjung. Ini wajar dan sangat manusiawi. Tapi ingat, pengunjung selalu lebih tertarik terhadap sesuatu yang berbau gratis.
Seperti saya sebutkan di atas, sekarang jarang sesuatu yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Jangankan gratis, menemukan barang murah saja tidak mudah. Kalau begitu, kenapa anda harus memberi sesuatu secara gratis pada pengunjung? Mari kita temukan jawabannya.
Sebelumnya, anda pasti pernah berbelanja di supermarket atau mall. Sebelum memilih tempat itu anda pasti punya pertimbangan. Kenapa anda tidak belanja di toko atau pasar saja? Begitupun saat anda berbelanja anda kembali harus memilih. Anda lebih memilih sebuah produk dibanding produk lainnya. Bisa banyak pertimbangannya. Mungkin karena harga, merk, kualitas, dan berbagai pertimbangan lainnya. Tapi tidak jarang pula kita sudi mengeluarkan uang lebih banyak terhadap suatu produk. Kenapa? Karena kita mempercayai produk itu.
Ya, kepercayaan itu yang membuat kita mau mengeluarkan lebih banyak uang. Lalu, bagaimana cara pemilik merek itu membuat anda percaya? Pertanyaan yang sama berlaku bagi blogger yaitu bagaimana cara membangun kepercayaan pengunjung?
Ada dua cara. Pertama, anda harus meningkatkan kualitas isi blog Anda. Caranya, isi blog harus memikat. Buatlah pelanggan enggan memalingkan muka saat melihat content blog anda. Atau, buat mereka merasa mendapat dibutuhkan dari blog anda. Mengenai kiat menulis content bisa di baca di sini.
Cara kedua, produk anda harus punya value tinggi. Ini yang tidak bisa anda ciptakan dengan seketika. Untuk memilikinya anda harus membangun kepercayaan pengunjung. Kalau perlu, ciptakanlah slogan yang mensugesti. Seperti Stop DREAMING, START ACTION!
Agar blog anda menarik, gratiskanlah content. Dengan begitu blog anda akan ramai dan popularitas anda meningkat. Jika blog anda ramai, pengunjung yang membeli produk anda juga pasti bertambah.
Content gratisan juga berperan penting untuk membangun brand. Dengan brand yang kuat, produk yang anda jual pun punya nilai lebih. Pengunjung bisa jadi berpikir begini:”Kalau yang gratis saja seperti ini kualitasnya, bagaimana kalau yang berbayar. Pasti lebih bagus.”
Nah, itulah salah satu alasan mengapa anda perlu memberikan content gratis. Selain untuk berbagi ilmu, mengalirkan traffic, juga meningkatkan brand image dan produk anda. Setuju?

Banyak Teman Banyak Rejeki

Anda pasti sering dengar pepatah ”Banyak anak banyak rejeki.” Nah, kalau saya sih…”Banyak teman banyak rejeki!”
Dalam bisnis internet, punya banyak teman online itu berkah. Ya, mereka adalah sumur uang saya. Ini sangat membantu perkembangan bisnis saya. Dan yang lebih mengenakkan, banyak sekali keuntungannya.
Relasi-relasi online biasanya melakukan dua hal utama. Pertama, hanya mengunjungi situs saya dan melakukan pembelian. Dengan cara ini mereka telah membantu saya mendapat penghasilan. Dan, biasanya saya akan menginvestasikan lagi penghasilan tadi.
Kedua, mereka mempublikasikan situs saya. Wah, ini dia yang paling menguntungkan. Mereka akan merekomendasikan situs saya pada orang-orang lain. Promosi gratis dari mulut ke mulut membuat situs saya populer. Produk-produk saya otomatis ikut terkenal dan laris. Amin…
Iklan dan promosi itu perlu. Syukur-syukur kalau Anda bisa beriklan terus-menerus. Tapi, biasanya Anda akan memberikan alokasi dana yang terbatas. Maklum, beriklan kan tidak gratis. Jadi, iklan ini tergantung pada pemasukan yang Anda peroleh. Dengan kata lain, situs dan produk Anda harus ada yang terus beli kan? Tapi, bagaimana mau beli ya kalau promosinya tersendat?
Bagaimana solusinya?
Anda kan tidak bisa memaksa setiap orang untuk tahu tentang bisnis situs Anda. Yup! Lagi-lagi Anda harus bersyukur punya teman-teman online. Mereka bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan iklan.
Situs Anda yang sudah kadung terkenal, jadi andalan anda. Ingat, ini gara-gara kemampuan manusia yang bisa meyakinkan manusia lain. Mereka yang sudah membuktikan kualitas situs anda akan terus percaya pada anda. Dan kepercayaan ini menjadi garansi bagi calon-calon pelanggan yang baru. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan. Karena Anda pasti sudah memiliki pelanggan-pelanggan setia.
Luar biasa! ini terjadi karena brand anda sudah mendapat tempat di hati mereka.
Menarik minat orang itu penting namun tidak mudah. Tidak ada minat dari orang lain sama saja situs anda tidak akan laku. Tentunya, anda tidak ingin yang demikian terjadi bukan? Makanya, sering sekali kita dengar nasihat-nasihat marketing untuk terus menarik pelanggan. Dan, pada waktu bersamaan, anda harus memelihara brand agar terus diingat sebagai yang terbaik. Jadi nanti anda tidak perlu khawatir, keuntungan akan terus mengalir.
3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis di Internet
Ada tiga cara yang biasanya saya lakukan untuk mendapatkan teman sehingga bisnis internet saya terus berkembang dan menguntungkan. Anda boleh menyontek:
1. Rebut perhatian. Ciptakan sebuah pertunjukan. Tampil beda. Demonstrasikan integritas anda. Dan, kembangkan gaya anda sendiri. Ingat, tujuan anda adalah terus mengembangkan bisnis anda dan seluruh dunia harus tahu tentang bisnis anda.
2. Jual diri anda. Mengapa pelanggan memilih situs anda? Bukan milik pesaing? Mengapa teman-teman anda memilih menjadi pelanggan blog anda? Apa yang membuat mereka bertahan? Dan yang lebih penting, masalah apa saja yang sudah anda pecahkan? Website anda sebaiknya memuat kebutuhan-kebutuhan spesifik. Jika tidak, ciptakan suatu masalah. Dan buat solusinya sendiri. Jual diri anda. Maksudnya, populerkan pada orang-orang bahwa andalah satu-satunya orang yang bisa mengatasi masalah itu. situs anda harus jadi situs yang penting dan tak tergantikan.
3. Jagalah pendukung. Pelanggan itu biasanya tidak bisa langsung percaya pada situs kita. Kepercayaan itu datang sedikit demi sedikit. Untuk membuatnya lebih cepat, bergaulah dengan baik. Oya, bagaimana caranya mendapatkan pelanggan setia? Kuncinya, jual saja ide-ide, filosofi dan konsep-konsep. Jangan melulu produk. Kedermawanan, integritas, dan konsistensi juga harus dijalankan.
Langkah-langkah di atas sangat penting. Terapkan dan yakinlah, bisnis internet anda akan terus berkembang.
Anda tahu Markus Frind? Pengusaha asal Kanada yang punya situs PlentyofFish.com. Website terbesar di dunia yang tamunya adalah para pencari jodoh. Tahun 2006 lalu, dari situs yang sepertinya sepele ini, Markus bisa mengantongi $10,000 per hari! Berapa ya penghasilannya dalam satu tahun? Kita pasti iri… $5 sampai 10 juta dolar!
Wow! Fantastis!