Minggu, 16 November 2008

Bagaimana menarik pengunjung?

Ketika pengguna internet di Indonesia terus meningkat, sudah pasti bisnis online akan semakin dilirik. Pebisnis offline tentu juga tidak akan ketinggalan memanfaatkan internet sebagai cara menghasilkan uang. Saat itulah orang-orang berbondong-bondong melirik Affiliate Program.
Nah, bagi anda yang berminat membuat affiliate program, mungkin anda bingung bagaimana memasarkan situs web anda. Supaya banyak orang tertarik untuk bergabung dengan affiliate program anda, tentunya materi marketing yang diberikan juga harus baik.
Kalau selama ini biasanya merchant akan memberi banner atau text links standar. Tetapi banner dan text links cenderung kurang efektif menarik minat pengunjung untuk bergabung. Bagi pengunjung yang terutama mereka cari adalah materi marketing yang bagus.
So, materi dan kiat seperti apa yang bisa menggiring banyak pengunjung?
Biasanya sih berbentuk seperti ini…
• Sediakan katalog elektronik (datafeed). Dengan katalog elektronik, marketer bisa menjualkan produk-produk merchant secara lebih spesifik. Akan sangat baik, jika dalam katalog tersebut dilengkapi gambar, uraian produk secara mendetil, dan alamat URL yang langsung mengantarkan pengunjung pada situs web milik merchant.
• Link affiliate dengan halaman yang dituju. Home page merchant itu tempat yang harus anda hindari. Karena halaman ini biasanya kurang menarik bagi pengunjung. Merchant yang bagus biasanya akan menyediakan deep links yang langsung mengantarkan pengunjung ke halaman yang berisi produk yang mereka minati. Intinya, antarkan pengunjung anda untuk sampai ke halaman yang mereka inginkan secepat dan semudah mungkin.
• Links isi (content links) atau halaman web (web pages). Banyak merchant yang menyediakan halaman situs web mereka pada para affiliate marketer. Ini cara efektif dan paling mudah untuk mempromosikan situs web merchant. Singkatnya, tebarkan jaring promosi seluas-luasnya.
• Daftar kata kunci (keyword). Beberapa merchant biasanya juga merekomendasikan daftar keyword untuk para marketer. Daftar keyword ini penting untuk memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka cari.
Memang banyak sekali hal yang perlu anda pelajari dalam affiliate program. Tapi, saya tekankan sekali lagi. Ini tidak berarti affiliate program itu sulit. Tetap tanamkan pada diri anda ”affiliate program itu mudah!”
Buktinya banyak yang berhasil di bisnis ini. Mungkin anda yang akan menyusul berikutnya?
Oya, sejauh ini apa anda sudah coba berburu merchant untuk affiliate program anda? Jika belum, segera cari! Agar anda lebih mudah mencoba apa yang sudah anda baca. Jangan buang waktu!

1 Komentar:

Blogger sam ubay mengatakan...

cara yang fun. aq udah coba koq. trims ya ilmunya

22 November 2008 18.11  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda