Minggu, 26 Oktober 2008

Apa arti Cinta ?


Sebenarnya cinta itu apa sih? Ada beberapa pengertian yang muncul di dalam masyarakat. Ada cinta monyet/cinta anak-anak. Tipe cinta mudah timbul tenggelam. Mudah tergila-gila dan tidak realistis. Bahkan orang yang cinta monyet dapat jatuh cinta kepada lebih dari seseorang dalam waktu tertentu. Sifatnya lebih mementingkan diri sendiri dan cepat bosan. Ada juga cinta lokasi/cinlok yaitu cinta tumbuh akibat sering bergaul dengan seseorang pada suatu tempat/lokasi tertentu dalam beberapa waktu yang lama. Ada yang berkata cinta itu buta. Karena buta ia sering meraba-raba, padahal cinta itu tidak buta tetapi melihat, cinta itu membutuhkan pertimbangan. Sebelum mencintai, pelajarilah dahulu latar belakang dari hidupnya, karakternya, kesehatannya, dan tentu kerohaniannya. Dalam bahasa Yunani dalam dapat kita temukan 4 istilah tentang cinta.
1. Cinta Agape: cinta ilahi yaitu cinta yang rela memberi/berkorban, cinta tanpa pamrih , cinta yang tak terkondisi, cinta tanpa sayrat. 2.Cinta Filia: kasih yang dibangun dalam persahabatan.
3. Cinta Storge: kasih yang dibangun dalam keluarga, contoh kasih orang tua terhadap anak.
4. Cinta Eros: kasih manusia, kemesraan, kasih yang ada maunya.

Ciri-ciri cinta yang dewasa adalah cinta menyeluruh yang berorientasi pada pribadi, rela memberi, ada respek/menunjukan penghargaan satu dengan yang lain, tidak ada persyaratan, mengalami suka cita, realistis bukan khayalan, bertanggung jawab yang ditunjukan dalam pengabdian dan tidak pernah berhenti untuk bertumbuh.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda